Customer Ordering System (COS) adalah sistem yang disediakan BonApp yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pesanan secara online melalui aplikasi berbasis website dari BonApp. Dengan hadirnya COS, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dari kemudahan yang dihadirkan oleh BonApp ketika pelanggan melakukan pesanan kepada Merchant.
Customer Ordering System (COS) pada BonApp dibagi menjadi dua yaitu, COS QR Static dan COS QR Dynamic. Berikut adalah penjelasan mengenai keduanya:
- COS QR Static: ketika pelanggan melakukan pesanan secara Closed Bill.
- COS QR Dynamic: ketika pelanggan melakukan pesanan secara Open Bill.
Kemudian, pada halaman COS QR Static terdapat tiga halaman yaitu: Beranda, Pesananmu, dan Login. Sedangkan pada halaman COS QR Dynamic terdapat dua halaman yaitu, Beranda dan Pesananmu.
1. COS QR Static
Login/Register
Untuk masuk ke halaman COS (Customer Ordering System) pelanggan dapat meng-scan QR Static atau melalui link URL yang sudah disediakan oleh merchant. Pelanggan akan diarahkan ke halaman Homepage Merchant > pilih menu yang diinginkan > “Checkout (1)”.
Setelah checkout nantinya pelanggan akan diarahkan ke halaman login/register (jika belum masuk atau belum mempunyai akun). Masukan nomor handphone (2), pelanggan juga dapat memilih kode number dari setiap negara (jika ada pelanggan asing).
Kemudian, pilih “Send OTP (3)”, nomor OTP akan dikirim melalui WhatsApp, setelah itu masukan kode yang telah didapatkan dan pilih “Verify (4)”.
Beranda
Pada halaman Beranda, pengguna dapat melihat Merchant Profile dan Kategori Menu.
- Merchant Profile
Merchant Profile berfungsi untuk menampilkan profil restoran/kafe seperti nama restoran/kafe, deskripsi, jam operasional, alamat, dan kontak.
- Kategori Menu
Kategori menu adalah pengelompokkan atau mengkategorikan item-menu yang tersedia di dalam sebuah restoran atau kafe. Kategori menu biasanya didasarkan pada jenis makanan atau minuman, atau mungkin juga didasarkan pada waktu makan, seperti sarapan, makan siang, atau makan malam. Beberapa contoh kategori menu yang umum adalah hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, minuman dingin, minuman panas, atau makanan vegetarian.
Dengan adanya kategori menu, Merchant dapat mempermudah pelanggan dalam memilih menu yang pelanggan inginkan dan membantu meningkatkan efisiensi operasi restoran atau kafe dalam menyiapkan pesanan pelanggan.
Pesananmu
Pada halaman Pesananmu, pengguna dapat melihat proses dan riwayat pemesanan yang sedang dan telah dilakukan.
- Dalam Proses
Pada halaman Dalam Proses merujuk pada status atau tahap dari sebuah pesanan yang sedang diproses atau diolah oleh atau toko/kafe/restoran/etc. Status ini menunjukkan bahwa pesanan tersebut sedang diproses dan belum selesai atau belum siap untuk diambil atau dikirimkan kepada pelanggan. Apabila menekan nomor pesanan (e.g: 01001) maka akan menampilkan detail status pemesanan.
- Riwayat
Riwayat pesanan adalah catatan atau daftar pesanan yang telah dilakukan oleh pelanggan pada suatu toko/kafe/restoran/etc dalam periode waktu tertentu. Riwayat pesanan biasanya mencakup informasi seperti tanggal pesanan, nomor pesanan, detail produk atau layanan yang dibeli, jumlah, harga, dan status pesanan. Apabila memilih nomor pesanan (e.g: 01001) maka akan menampilkan detail status pemesanan.
Profile
Pada halaman Profil, pengguna dapat mengubah biodata pengguna seperti nama, foto profil, nomor telepon, dan email.
- Ubah
Fitur Ubah berfungsi untuk mengubah biodata pengguna seperti nama pengguna, nomor telepon, alamat email, dan mengunggah foto profil pengguna.
- Keluar
Fitur Keluar berfungsi untuk mengeluarkan akun pengguna apabila pengguna sudah selesai.
2. COS QR Dynamic
Beranda
Pada halaman Beranda, pengguna dapat melihat Merchant Profile dan Kategori Menu.
- Merchant Profile
Merchant Profile berfungsi untuk menampilkan profil restoran/kafe seperti nama restoran/kafe, deskripsi, jam operasional, alamat, dan kontak.
- Kategori Menu
Kategori menu adalah cara untuk mengelompokkan atau mengkategorikan item-menu yang tersedia di dalam sebuah restoran atau kafe. Kategori menu biasanya didasarkan pada jenis makanan atau minuman, atau mungkin juga didasarkan pada waktu makan, seperti sarapan, makan siang, atau makan malam. Beberapa contoh kategori menu yang umum adalah hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, minuman dingin, minuman panas, atau makanan vegetarian. Penggunaan kategori menu membantu mempermudah pelanggan dalam memilih menu yang mereka inginkan dan membantu meningkatkan efisiensi operasi restoran atau kafe dalam menyiapkan pesanan pelanggan.
Pesananmu
Pada halaman Pesananmu, pengguna dapat melihat ringkasan dan detail pemesanan dan pembayaran. Setelah pesanan selesai, pengguna dapat memilih tombol “Minta Struk” untuk menyelesaikan tagihan pembayaran.
3. COS Reservasi
- Melakukan Reservasi
Anda dapat melakukan reservasi dengan mengklik link atau scan QR yang diberikan oleh merchant. Setelah itu, Anda akan masuk pada tampilan reservasi. Pilih Area (1) untuk menentukan lokasi tempat duduk. Masukkan jumlah tamu pada kolom Pax (2). Pilih Date (3) dan Arriving Time (4) untuk menentukan tanggal dan jam kedatangan.
Anda dapat membaca House Rules (5) untuk melihat persyaratan reservasi. Jika sudah, Anda dapat mengklik check box “I have read and agree to the above terms and conditions” (6) dan klik tombol Next (7).
- Guest Detail
Untuk melanjutkan proses reservasi, pada halaman Guest Detail Anda dapat menginput nama depan pada kolom First Name (1), nama belakang pada kolom Last Name (2), email pada kolom Email (3), dan nomor WhatsApp Anda pada kolom WhatsApp Number (4). Anda juga dapat memasukkan permintaan khusus pada text box Add Notes/Special Request (5).
Klik Make a Reservation (6) Untuk menyelesaikan reservasi setelah itu halaman konfirmasi akan keluar dan klik Continue (7). Setelah permintaan reservasi Anda sudah terkonfirmasi, anda akan masuk ke halaman Waiting For Confirmation.
Status reservasi anda dapat dicek melalui whatsapp.
Jika Merchant sudah mengkonfirmasi reservasi anda, anda akan mendapatkan pesan seperti berikut.