BonApp Merchant – Mobile Phone adalah aplikasi BonApp yang disediakan untuk Merchant yang bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan penjualan hingga memproses pesanan pelanggan sehingga pelanggan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan kemudahan pelayanan yang diberikan dari BonApp.
Pada halaman BonApp Merchant – Mobile Phone terdapat tujuh menu utama yaitu:
- MOS
- Order Tracking
- Food Menu
- QR Code
- Shift
- Settings
- Support
Merchant Ordering System (MOS)
Buka “Halaman MOS (1)”
Selanjutnya, Anda dapat memilih menu item yang ingin dipesan (2). Anda juga dapat membuat gambar di layar Anda menjadi dalam bentuk list (daftar) dengan memilih (C).
Kemudian Anda dapat “memilih varian (3)” dan “memilih extra (4)” serta “menambahkan catatan bila diperlukan (5)”. Apabila ingin menghapus item “pilih (6)” dan apabila ingin menambahkan item yang sama “pilih (7)”. Jika sudah selesai, pilih “Save (8)”.
Kemudian jika ingin memesan item menu lainnya, “pilih (9)”. Jangan lupa untuk mengisi nama pelanggan dan nomor meja pelanggan (10). Jika semua item sudah dipesan, Anda dapat melakukan pembayaran dengan memilih continue to cart (11).
Kemudian Anda akan dibawa ke halaman keranjang. Jika ingin mengurangi item menu, “pilih (12)” dan jika ingin menambahkan item menu, “pilih (13)”. Namun apabila Anda ingin membatalkan semua pesanan, “pilih (14)”. Jika Anda ingin menambahkan item menu lainnya, “pilih (15)”. Selanjutnya Anda dapat “melakukan Save Bill (16)” dan “melakukan pembayaran dengan menekan tombol Charge Now (17)”
Kemudian jika ingin menambahkan diskon, “pilih Add Discount (18)” dan bila tidak diperlukan diskon Anda dapat melanjutkan memilih metode pembayaran dengan memilih “Record Payment Method (19)”. Setelah itu, Anda dapat melakukan “Print Bill (20)” dan “melakukan pembayaran (21)”.
Order Tracking
Open Bill
Membuat QR Code
Pada BonApp versi website, Admin Store/Cashier/Waitress dapat membuat QR Code dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Pilih “QR Code” > “Add QR Code (1)”
Isi nomor meja pada “Input Table (2)” > “Create QR Code (3)”.
Setelah itu, Anda dapat melakukan print dengan menekan tombol “Print QR (4)”.
Menerima Pesanan Masuk dan Pembayaran
Untuk menerima pesanan masuk, “Admin Store/Cashier/Waitress” dapat menerima pesanan pelanggan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Pilih “Order Tracking” > “Open Bill (1)” > “Order Number yang dituju (2)”
Apabila stok tidak tersedia, Anda dapat menekan tombol “Decline (4)”. Namun apabila stok tersedia, Anda dapat menekan tombol ”Accept (5)”. Untuk mempermudah, jika ingin menolak semua Anda dapat menekan tombol “Decline All (6)” atau jika ingin menerima semua Anda dapat menekan tombol “Accept All (7)”.
Setelah itu, jika hidangan sudah siap Anda dapat menekan tombol “Ready (8)” atau jika semua hidangan siap Anda dapat dengan mudah menekan tombol “Ready All (9)”. Jika sudah, tekan tombol “Make Payment (10)”.
Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman pembayaran. Di sini Anda dapat menambahkan diskon (11). Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan (12) > Tekan Print Bill (13) untuk melakukan print bill > Charge (14) untuk menyelesaikan pembayaran.
Closed Bill
Menerima Pesanan Masuk dan Pembayaran
Untuk menerima pesanan masuk, “Admin Store/Cashier/Waitress” dapat menerima pesanan pelanggan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Pilih “Closed Bill (1)” > “New (2)” > “Pilih Pesanan yang Anda ingin proses (3)”. Untuk melakukan Auto Accept, Pilih (C).
Jika pesanan ingin ditolak klik “Decline All (5)”. Jika pesanan ingin diterima klik “Accept All (4).
Selanjutnya pilih Make Payment (6).
Kemudian, pilih Add Discount (7) untuk menambahkan discount. Jika tidak perlu discount Anda dapat lanjut pilih Metode Pembayaran yang diinginkan (8). Pilih Print Bill (9) untuk melakukan print bill. Pilih Charge (10) untuk menyelesaikan pembayaran.
Setelah itu, Pilih In Progress (11) dan Pilih pelanggan yang ingin dilanjutkan proses pesanannya (12).
Ketika makanan siap diantar kepada pelanggan, “Waitress dan Server” dapat menekan tombol “Deliver (13) untuk pengantaran per item” dan Deliver All (14) untuk pengantaran semua item.
Melihat Order History
Pilih History (1)
Pilih Order yang ingin dilihat (2) atau cari di kolom pencarian (3)
History sudah dapat dilihat
Food Menu
Category
Mengatur Visibility
Untuk mengatur visibility category (menampilkan/sembunyikan), Anda dapat menekan “Category”(1) setelah itu anda dapat menekan “Visibility(2)”. Visible untuk menampilkan, Hidden untuk menyembunyikan.
Item
Mengatur Visibility Item
Untuk mengatur visibility item (menampilkan/sembunyikan), Anda dapat menekan “Food Menu” > “Item (1)” > “In Stock/Sold Out untuk mengatur ketersediaan stok atau Visible/Hidden untuk menampilkan atau menyembunyikan item (2).
Anda dapat mengatur visibility item berdasarkan channel penjualan dengan tekan “On”(3) pada channel yang ingin ditampilkan, lalu tekan “Save”(4).
QR Code
Membuat QR Code
Pada BonApp versi website, Admin Store/Cashier/Waitress dapat membuat QR Code dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Pilih “QR Code” > “Add QR Code (1)”
Isi nomor meja pada “Inpu Table (2)” > “Create QR Code (3)”.
Setelah itu, Anda dapat melakukan print dengan menekan tombol “Print QR (4)”.
Shift
Melakukan Start Shift
Pilih halaman “Shift” > “Start Shift (1)”.
Masukkan nominal yang ada pada drawer (2) > “Submit & Start Shift (3)”.
Melakukan End Shift
Pilih halaman “Shift” > “End Shift (1)”.
Masukkan nominal Actual Cash in Drawer (2)” > “End Shift (3)”.
Pilih OK untuk menyelesaikan (5) dan Pilih Print Report untuk Print Shift (6).
Melakukan Cash In
Pilih halaman “Shift” > “Cash In (1)”.
Masukkan nominal pada Amount (2) > Masukkan description (3) > “Submit (4)”.
Melakukan Cash Out
Pilih halaman “Shift” > “Cash Out (1)”.
Masukkan nominal pada Amount (2) > Masukkan description (3) > “Submit (4)”.
Pilih OK untuk menyelesaikan (5) dan Pilih Print Report untuk Print Shift (6).
Settings
Cara Menambahkan Printer
Untuk menghubungkan printer dengan tab, Anda harus terlebih dahulu menghubungkan printer dengan tab anda melalui koneksi bluetooth/ethernet. Selanjutnya Anda dapat menekan “Printer Settings (1)”.
Isi nama printer (2) > Pilih model printer (3) > Pilih ukuran kertas printer (4).
- Anda dapat mengatur printer untuk Print QR (5)
- Anda dapat mengatur printer untuk Receipt, Bill, dan Shift (6)
- Anda dapat mengatur printer untuk Ticket Order (7)
- Anda dapat mengatur printer untuk Bar (8) dan Kitchen (9)
Setelah selesai, Anda dapat melakukan tes terlebih dahulu dengan memilih “Test Print (10)”. Jika ingin menghapus printer pilih “Delete Printer (11)” dan jika ingin disimpan “Pilih Save (12)”.
Cara Mengatur Printer
Pilih “Printer Settings (1)”.
Pilih printer yang ingin di setting ulang (2).
Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman setting printer untuk printer yang Anda pilih. Anda dapat melakukan isi nama printer (2) > Pilih model printer (3) > Pilih ukuran kertas printer (4).
- Anda dapat mengatur printer untuk Print QR (5)
- Anda dapat mengatur printer untuk Receipt, Bill, dan Shift (6)
- Anda dapat mengatur printer untuk Ticket Order (7)
- Anda dapat mengatur printer untuk Bar (8) dan Kitchen (9)
Setelah selesai, Anda dapat melakukan tes terlebih dahulu dengan memilih “Test Print (10)”. Jika ingin menghapus printer pilih “Delete Printer (11)” dan jika ingin disimpan “Pilih Save (12)”.
Support
Ketika Anda mengalami kendala atau terdapat pertanyaan, Anda dapat menghubungi pihak BonApp dengan masuk ke menu Support lalu pilih “Need Any Help? (1)”.
Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman WhatsApp dan Anda dapat memulai percakapan.