BonApp Merchant Web adalah sebuah halaman pada aplikasi atau website BonApp yang menampilkan informasi dan data penting untuk Merchant. Dashboard BonApp dibuat untuk memberikan tampilan yang cepat dan mudah dipahami tentang penjualan yang telah dicapai, rata-rata penjualan, pesanan yang dibatalkan, hingga pada metode pembayaran yang sering digunakan dan item menu yang sering dipesan yang mana itu semua dapat dilihat dalam jumlah angka nominal maupun dalam bentuk grafik, sehingga Merchant dapat menganalisis dari data yang ada pada BonApp Merchant Web.
Pada halaman BonApp Merchant Web terdapat delapan menu utama yaitu:
- Detailed Info
- Dashboard
- Order Tracking
- Reports
- Staff
- Food Menu
- Inventory
- QR Code
- Customers
- Dining Location
A. Detailed Info
Fitur “Detailed Information” memberikan pengguna kemampuan untuk melihat dan mengelola berbagai aspek dari toko, termasuk informasi umum, deskripsi, lokasi, jam operasional, dan banner. Pengguna juga dapat melihat dan mengunduh berbagai jenis kode QR statis, yang dapat mempermudah interaksi dengan pelanggan. Dengan adanya fitur ini, pengelolaan informasi toko menjadi lebih efisien dan terstruktur, serta mendukung kemudahan akses bagi pelanggan melalui kode QR yang dapat diunduh dan dibagikan.
General Setting
Merchant dapat mengatur informasi berupa: Nomor Telpon, WhatsApp Notifikasi, informasi Platform Fee dan MDR (QRIS), Service (Self Pick-Up, Dine-In, Delivery), Rounding, COS Payment Configuration (Pay at Cashier, Online Payment), dan Pay at Cashier Configuration.
Description
Merchant dapat mengatur deskripsi store branch yang akan tertampil pada COS (Customer Ordering System).
Location
Merchant dapat mengatur alamat store branch yang akan tertampil pada COS (Customer Ordering System).
Business Hour
Merchant dapat mengatur jam operasional store branch yang akan tertampil pada COS (Customer Ordering System) dan MOS (Merchant Ordering System).
Receipt Bill
Merchant dapat menambahkan teks pada bagian akhir tagihan atau struk.
Customer Order Page
Merchant dapat melakukan pengaturan untuk tampilan Customer Order Page yang berfungsi untuk layanan Open Bill.
B. Dashboard
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam penjualan adalah dengan melihat laporan hasil penjualan. Untuk itu halaman Dashboard pada BonApp berfungsi sebagai ringkasan dari hasil penjualan harian, mingguan, dan bulanan yang akan menampilkan beberapa fitur penting yang menunjukkan poin penting apakah penjualan naik atau turun, sehingga Merchant dapat menganalisis dari data yang ada pada halaman Dashboard.
Date Column
Date Column (Kolom Tanggal) berfungsi untuk memilih tanggal, bulan, dan tahun penjualan yang akan menampilkan ringkasan hasil penjualan pada tanggal, bulan, dan tahun yang telah dipilih.
Sales Summary
Sales Summary (Ringkasan Penjualan) berfungsi untuk melihat hasil ringkasan penjualan yang akan menampilkan nilai jumlah total yang didapatkan, rata-rata jumlah total transaksi, jumlah total pesanan, jumlah pesanan yang telah berhasil selesai, jumlah pesanan yang dibatalkan, dan jumlah pesanan yang tidak berlaku.
- Total Collected
Total Collected (jumlah total yang didapatkan) dihitung dari gabungan Net Sales, Services Fee, dan Tax.
- Average Transaction Amount
Average Transaction Amount (rata-rata jumlah total transaksi) dihitung dari Total Collected dibagi Orders Completed.
- Net Profit
Jumlah keuntungan bersih yang diperoleh dari penjualan setelah dikurangi biaya pokok penjualan (COGS) dan pengeluaran lainnya.
- Total Orders
Total Orders (jumlah total pesanan) dihitung dari jumlah total yang telah berhasil selesai, jumlah pesanan yang dibatalkan, dan jumlah pesanan yang tidak berlaku.
- Orders Completed
Orders Completed dihitung dari jumlah pesanan yang telah berhasil selesai dilakukan.
- Orders Cancelled
Orders Cancelled dihitung dari jumlah pesanan yang dibatalkan dari customers dan merchant.
- Orders Expired
Orders Expired dihitung dari jumlah QR Code yang tidak selesai selama waktu tertentu yang dibatasi.
Top Payment Method
Top Payment Method berfungsi untuk menampilkan hasil ringkasan dari metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh pelanggan.
Top Best Selling Items
Top Best Selling berfungsi untuk menampilkan hasil ringkasan dari menu item yang paling sering dipesan oleh pelanggan.
C. Order Tracking
Order tracking pada BonApp berfungsi sebagai pemantauan status pesanan dan untuk memproses pesanan pelanggan yang dilakukan secara Open Bill maupun Closed Bill. Dengan adanya Order Tracking, Merchant dapat memperoleh informasi dan memproses pesanan pelanggan mulai dari saat pesanan masuk dan diterima, diproses, dibayarkan, dikirim, hingga pesanan sampai kepada pelanggan. Informasi yang dapat diberikan dari Order Tracking meliputi Order Number, Table, Time, Quantity, Total Price, Service Type, Payment, dan Status Order.
Open Bill
Untuk mengakses Open Bill, Anda dapat melihatnya pada “Order Tracking (1)” > “Open Bill (2)”. Open Bill diterapkan ketika pelanggan melakukan pesanan terlebih dahulu yang kemudian setelah semua pesanan selesai pelanggan mengharuskan membayar di akhir. Fitur Open Bill berfungsi untuk melihat Order Number, Table, Time, Quantity, Total Price, Service Type, Status Order, dan Action untuk melakukan print bill dan pembayaran.
Closed Bill
Closed Bill diterapkan ketika customers mengharuskan membayar di awal. Untuk mengakses Closed Bill, Anda dapat melihatnya pada “Order Tracking (1)” > “Closed Bill (2)”.
- New Request
Fitur New Request berfungsi untuk melihat pesanan yang baru masuk.
- Waiting For Payment
Fitur Waiting For Payment berfungsi untuk melihat status pembayaran dari pesanan yang masuk.
- In Progress
Fitur In Progress berfungsi untuk melihat item-item yang sudah siap untuk dikirimkan.
- Auto Accept
Fitur Auto Accept berfungsi untuk menerima semua pesanan yang masuk secara otomatis.
- Order History
Order History berfungsi untuk melihat pesanan yang sudah pernah dilakukan oleh customers, baik sudah terjadi hingga pada proses pembayaran maupun yang membatalkan pesanan.
D. Reports
Pada halaman Reports, merchant dapat melihat Sales Summary, Item Sales, Category Sales, Payment Methods, dan Transaction. Ada beberapa istilah dalam report yang disediakan oleh BonApp:
-
- Gross Sales: Jumlah total pendapatan yang dihasilkan dari penjualan produk atau layanan sebelum dikurangi diskon, pajak, atau biaya lainnya.
- Discount: Pengurangan harga yang diberikan kepada pelanggan pada saat pembelian produk atau layanan, biasanya dalam bentuk potongan harga atau promosi.
- Total Cost: Jumlah setiap cost dari variant, category, extra pada item.
- Total Net Profit: Jumlah keuntungan bersih diperoleh dari penjualan setelah dikurangi biaya pokok penjualan (COGS) dan pengeluaran lainnya.
- Profit: Total pendapatan dari penjualan dan biaya pokok penjualan (COGS).
- COGS (Cost of Goods Sold): Total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi atau menyediakan suatu item atau extra, termasuk bahan baku dan biaya langsung lainnya.
- Net Sales: Jumlah pendapatan yang dihasilkan setelah dikurangi diskon, pengembalian produk, dan pengurangan lainnya dari Gross Sales.
- Service Charge: Biaya tambahan yang dikenakan oleh restoran atau penyedia layanan untuk layanan tertentu, seperti biaya servis atau tips yang ditambahkan ke total tagihan.
- Order Fee: Biaya yang dikenakan untuk memproses dan mengelola setiap pesanan yang diterima, biasanya oleh platform pemesanan online atau aplikasi.
- PB1: Pajak Barang dan Jasa (PB1) adalah pajak yang dikenakan atas barang atau jasa tertentu sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
- Delivery Fee: Biaya yang dikenakan untuk layanan pengiriman barang atau makanan dari penyedia ke pelanggan, sering kali ditambahkan ke total tagihan.
- Total Collected: Jumlah total uang yang dikumpulkan dari pelanggan setelah semua biaya, pajak, dan diskon diterapkan.
- Order Fee (billed to Merchant): Biaya pemrosesan pesanan yang ditagihkan kepada penjual atau pemilik bisnis oleh platform pemesanan online atau aplikasi.
- Platform Fee: Biaya yang dikenakan oleh platform digital atau aplikasi untuk penggunaan layanan mereka, termasuk pemrosesan pesanan, pemasaran, dan dukungan teknis.
- Rounding: Proses pembulatan angka ke jumlah digit yang lebih mudah dibaca dan dimengerti.
- Item sold: Jumlah item yang terjual.
Sales Summary
Sales Summary berfungsi untuk melihat ringkasan penjualan seperti Gross Sales, Discount, Net Sales, Service Charge, Order Fee, PB1, Delivery Fee, Total Collected, Order Fee (billed to Merchant), Platform Fee, Rounding, Profit, Net Profit dan Total COGS. Apabila Merchant ingin melihat lebih detail dapat memilih “Reports (1)” kemudian pilih “Sales Summary (2)” dan Export (3)” yang nantinya data penjualan akan diunduh dalam bentuk excel.
Item Sales
Item Sales berfungsi untuk menampilkan nama Item, Variant, Item Sold, Gross Sales, Total Cost dan Total Net Profit. Apabila Merchant ingin melihat lebih detail dapat memilih “Reports (1)” kemudian pilih “Item Sales (2)” dan Export (3)” yang nantinya data penjualan akan diunduh dalam bentuk CSV.
Merchant juga dapat memfilter data menggunakan tanggal (4) atau dari station/category dengan memilih icon filter (5) yang sudah disediakan. Dan, Merchant dapat melihat variant (6) apa saja yang ada di dalam item tersebut.
Tampilan menu variant item
Tampilan filter menggunakan tanggal
Tampilan filter menggunakan Station/ Caregory
Extra Sales
Item Sales berfungsi untuk menampilkan nama Extra, Sub-Extra, Sub-Extras Sold, Gross Sales, Total Cost dan Total Net Profit. Apabila Merchant ingin melihat lebih detail dapat memilih “Reports (1)” kemudian pilih “Extra Sales (2)”, pilih rentang tanggal (3) dan Export (4)” yang nantinya data penjualan akan diunduh dalam bentuk excel. Dan, Merchant dapat melihat sub-extra (6) apa saja yang ada di dalam extra tersebut.
Tampilan menu sub-extra item
Category Sales
Category Sales berfungsi untuk menampilkan Category, Item sold, Gross Sales, Total Cost, dan Total Net Profil. Apabila Merchant ingin melihat lebih detail dapat memilih “Reports (1)” kemudian pilih “Category Sales (2)”, pilih rentang tanggal (3) dan Export (4)” yang nantinya data penjualan akan diunduh dalam bentuk excel.
Payment Methods
Payment Methods berfungsi untuk menampilkan Payment Methods (offline dan online), Number of Transactions, dan Total Collected. Apabila Merchant ingin melihat lebih detail dapat memilih tombol “Export” yang nantinya data penjualan akan diunduh dalam bentuk excel.
Transaction
Transactions berfungsi untuk melihat dan memeriksa transaksi pesanan secara detail yang sudah pernah dilakukan.
E. Staff
Pada halaman Staff, Merchant dapat melihat daftar staff seperti Nama Staff, Email Staff, Primary Phone Number, dan Role Staff. Selain itu Merchant dapat menambahkan dan menghapus staff.
Create New Staff
Create New Staff berfungsi untuk membuat staff baru yang kemudian akan diminta untuk melengkapi biodata staff baru. Untuk mengakses dan membuat staff baru, Anda dapat melihatnya pada “Staff (1)” > “Create New Staff (2)”.
Search Staff
Search Staff (Pencarian Staff) berfungsi untuk mencari staff melalui pencarian.
F. Food Menu
Pada halaman Food Menu, Merchant dapat melihat dan mengatur menu dan item Merchant seperti Category, Item, Options, Discount, dan Station Management.
Category
Untuk mengakses Category, Anda dapat melihat pada “Food Menu (1)” > “Category (2)”. Pada halaman Category, Merchant dapat melihat Category Menu, Visibility (untuk menampilkan/sembunyikan), Description, Sort Order, dan Last Update. Selain itu, Merchant dapat menambahkan kategori menu baru dengan memilih tombol “Add New Category (3)”.
Item
Untuk mengakses Item, Anda dapat melihat pada “Food Menu (1)” > “Item (2)”. Pada halaman Item, merchant dapat melihat Item Name, Availability, Visibility, Menu Category, dan Price. Selain itu, Merchant dapat menambahkan item menu baru dengan memilih tombol “Add New Item (3)”.
Options
Untuk mengakses Variant dan Extra, Anda dapat melihat pada “”Food Menu (1)” > “Options (2)” > “Variant/Extra(3)”. Pada halaman Options, Merchant dapat mengakses dan mengatur Variant dan Extra.
Apabila ingin menambahkan Variant dan Extra Merchant dapat memilih tombol “Add New Variant” atau “Add New Extra”.
Discount
Untuk mengakses Diskon, Anda dapat melihatnya pada “Food Menu (1)” > “Discount (2)”. Pada halaman Discount, Merchant dapat mengatur program diskon. Apabila Merchant ingin menambahkan diskon baru dapat memilih tombol“Add Discount to Proceed” (3). Apabila Merchant ingin mengatur diskon dapat memilih tombol “Edit Discount” (4). Apabila Merchant ingin menghapus diskon dapat memilih tombol “Delete” (5).
Station Management
Untuk mengakses Station Management, Anda dapat melihatnya pada “Food Menu (1)” > “Station Management (2)”. Station Management berfungsi untuk mengatur, menambahkan, dan menghapus station. Apabila Merchant ini menambahkan station dapat memilih tombol “Add Station to Process the Menu Category” (3). Apabila Merchant ingin mengatur station dapat memilih tombol “Edit Station” (4). Apabila Merchant ingin menghapus station dapat memilih tombol “Delete” (5).
G. Inventory
Fitur Master Product kini terintegrasi dengan Inventory System BonApp untuk pengaturan stok real-time dan perhitungan laba bersih. Fitur ini membantu merchant mengontrol stok dengan lebih akurat, menghindari overstock atau stockout, serta memastikan operasional bisnis lebih efisien dan terstruktur.
Mengatur Stok Item / Extra
Merchant dapat mengatur stok Item / Extra pada BonApp Merchant Web (BMW), dengan memilih menu “Inventory (1)” lalu pilih Item yang ingin diatur stoknya, pada Item yang memiliki Varian pengaturan stok ada di Variant-nya. Dan pilih “Adjust Stock (2)”.
Setelah masuk ke halaman item varian pilih “Adjust stock (3)”
Lalu akan muncul pop up box yang berisi kolom “New Stock (4)” untuk mengatur jumlah stok dan kolom “Reason Update (5)” untuk memberikan keterangan pada stok yang akan di-update. Kemudian setelah semua terisi pilih “Update (6)”.
Setelah itu, Merchant dapat mengaktifkan alert (7) untuk menampilkan informasi di MOS bahwa stock Item tersebut tinggal sedikit. Lalu, pilih “Save (8)”. Stock berhasil di-update.
Riwayat Perubahan (History) Item / Extra
Selain itu, merchant juga dapat menampilkan riwayat perubahan stok item / extra pada menu “Inventory (1)” dan pilih “History (2)”
Merchant dapat memilih “Item (3)” untuk melihat history perubahan pada Item.
Dan pilih “Extra (4)” untuk melihat history perubahan pada Extra.
H. QR Code
Pada halaman QR Code berfungsi untuk pembayaran Open Bill yang dapat menambahkan QR Code baru dan mengelola pesanan customers.
Search QR Code ID
Search QR Code ID berfungsi untuk kolom pencarian apabila ingin mencari QR Code ID customers.
Add QR Code
Add QR Code berfungsi untuk menambahkan QR Code baru.
I. Customers
Pada halaman Customers, Merchant dapat melihat pelanggan yang pernah melakukan pesanan.
Search Name
Search Name berfungsi untuk pencarian nama pelanggan yang melakukan pesanan melalui kolom pencarian nama.
J. Dining Location
Untuk mengakses Dining Location, Anda dapat melihatnya pada “Dining Location (1)”. Dining Location berfungsi sebagai QR Static (QR yang tidak memiliki masa berlaku) yang dapat Anda tempelkan pada meja/kamar/etc. Dining Location akan masuk ke dalam kategori transaksi Closed Bill.
Untuk membuat QR baru, Anda dapat menekan tombol “Create Dining Location (2)”. Apabila Anda ingin mencari nomor Dining Location, Anda dapat mencarinya pada “Search Dining Location (3)”.