Memberi Logo Merchant
Ketika mengatur logo merchant, logo merchant juga akan ditampilkan pada halaman Customer Ordering System (COS).
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).Kemudian Anda akan melihat menu side bar yang muncul, Anda dapat memilih tombol “Upload Logo” (2)
Selanjutnya akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini. Anda dapat memilih tombol “Tanda Pena” (3) untuk mengunggah gambar yang diinginkan. Pastikan gambar berukuran 300×300 Pixels dan maksimal besaran gambar 2MB dalam format JPG ataupun PNG. Jika sudah mengunggah gambar logo yang diinginkan, Anda dapat memilih tombol “Save” (4).
Mengatur Banner
Ketika mengatur banner merchant, banner merchant juga akan ditampilkan pada halaman Customer Ordering System (COS).
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian Anda akan melihat menu side bar yang muncul, Anda dapat melakukan scroll ke bawah.
Ketika Anda melihat tulisan Banner, Anda dapat memilih tombol “Edit” (2).
Setelah itu Anda dapat memilih tombol “Tanda Pena” (3) untuk mengunggah gambar banner yang ingin dipasang. Pastikan gambar berukuran kurang dari 2MB dengan format JPG ataupun PNG. Jika sudah selesai, Anda dapat memilih tombol “Save” (4).
Mengatur Deskripsi Merchant
Ketika mengatur deskripsi merchant, deskripsi merchant juga akan ditampilkan pada halaman Customer Ordering System (COS).
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian Anda akan melihat menu side bar yang muncul, Anda dapat melakukan scroll ke bawah.
Ketika Anda melihat tulisan Description, Anda dapat memilih tombol “Edit” (2).
Setelah itu, Anda dapat mengisi teks yang ingin dimasukkan pada “Kolom” (3). Jika sudah selesai, Anda dapat memilih tombol “Save” (4).
Mengatur Halaman Pesanan Pelanggan
Ketika mengatur halaman pesanan pelanggan, nantinya Informasi ini hanya akan berdampak pada Customer Ordering System (COS) QR Dinamis atau Customer Ordering System (COS) Open Bill.
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian Anda akan melihat menu side bar yang muncul, Anda dapat melakukan scroll ke bawah.
Ketika Anda melihat tulisan Customer Order Page, Anda dapat memilih tombol “Edit” (2).
Kemudian, Anda dapat mengisi teks yang diinginkan pada “Kolom Teks” (3). Jika Anda ingin menampilkan/mematikan total nominal pembayaran, Anda dapat memilih tombol “Show/Hide” (4). Jika Anda ingin menampilkan teks yang sudah dibuat pada receipt pelanggan, Anda dapat memilih tombol “Show/Hide” (5). Jika sudah selesai, Anda dapat memilih tombol “Save” (5).
Memasukkan Nomor Telepon Merchant dan WhatsApp
Ketika Anda memasukkan nomor telepon merchant dan nomor Whatsapp, informasi nomor – nomor tersebut akan ditampilkan pada halaman Customer Ordering System (COS) pada bagian Info Merchant. Dengan begitu, pelanggan dapat menghubungi merchant melalui telepon maupun WhatsApp.
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian akan muncul side bar menu, Anda dapat memilih “Edit” (2) pada General Info.
Selanjutnya, Anda dapat mengisi nomor HP utama pada kolom “Primary (3)”, Jika ingin menambahkan nomor HP kedua, Anda dapat mengisi nomor HP pada kolom “Secondary” (4). Jika Anda ingin menambahkan nomor Whatsapp, Anda dapat mengisi nomor pada kolom “Whatsapp Number” (5). Jika Anda ingin mengaktifkan/mematikan pemberitahuan Whatsapp kepada pelanggan yang memesan di Merchant, Anda dapat memilih tombol Disable/Enable Whatsapp Notifications.
Mengatur Lokasi Merchant
Ketika mengatur lokasi merchant, lokasi merchant juga akan ditampilkan pada halaman Customer Ordering System (COS).
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1). Kemudian Anda akan melihat menu side bar yang muncul, Anda dapat melakukan scroll ke bawah.
Ketika Anda melihat tulisan Location, Anda dapat memilih tombol “Edit” (2).
Anda dapat mengisi alamat, provinsi, kota, daerah, kecamatan, kode pos, dan titik lokasi. Jika sudah selesai, Anda dapat memilih tombol “Save”.
Mengatur Jam Buka Tutup Merchant
Ketika mengatur jam buka tutup merchant, jam buka tutup merchant juga akan ditampilkan pada halaman Customer Ordering System (COS).
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1). Kemudian Anda akan melihat menu side bar yang muncul, Anda dapat melakukan scroll ke bawah.
Ketika Anda melihat tulisan Business Hours, Anda dapat memilih tombol “Edit” (2).
Setelah itu, Anda dapat mengatur Jam Buka Tutup pada bagian Open dan Closed. Untuk mengatur Hari Operasional ada pada bagian Day dengan memilih tombol Open atau Closed. Apabila sudah selesai, Anda dapat memilih tombol Save.
Mengatur Service dan Delivery Service
Pengaturan service dan delivery service hanya berlaku pada Customer Ordering System (COS) QR Static atau Customer Ordering System (COS) Closed Bill.
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian akan muncul side bar menu, Anda dapat memilih “Edit” (2) pada General Info.
Pada tampilan Update General Info, Anda dapat lakukan scroll ke bawah hingga menemukan bagian Service dan Delivery Service.
Anda dapat mengatur layanan yang ingin diterapkan pada “Service (3)” dan untuk mengatur layanan pesan antar Anda dapat mengaturnya pada “Delivery Service (4)”. Jika sudah selesai, Anda dapat memilih tombol “Save (5)”.
Mengatur Konfigurasi Pembayaran (Payment Configuration)
Ketika Anda mengatur pembayaran, nantinya hasil pengaturan ini akan mempengaruhi ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran. Anda dapat menerapkan metode pembayaran apa yang ingin diterapkan.
Pada halaman utama ketika baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian akan muncul side bar menu, Anda dapat memilih “Edit” (2) pada General Info.
Pada tampilan Update General Info, Anda dapat lakukan scroll ke bawah hingga menemukan bagian Pay at Cashier – Configuration.
Pada bagian Pay at Cashier – Configuration, Anda dapat mengatur penerapan pembayaran seperti “Cash (3)”, “QRIS Dynamic (4)” , “EDC (5)”, dan “Online Payment (6)”. Apabila sudah selesai, Anda dapat memilih tombol “Save (7)”.
Anda juga dapat mengatur pembayaran yang akan tampil pada Customer Ordering System (COS).
Mengatur Footer Receipt & Bill
Anda dapat menambahkan tulisan pada receipt dan bill sesuai keinginan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Pada halaman utama ketika Anda baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Scroll ke bawah hingga menemukan Receipt Bill kemudian tekan “Edit (2)”.
Pada kolom Message footer receipt bill Anda dapat mengisi kalimat yang Anda inginkan (3) yang akan ditampilkan pada Receipt Bill. Setelah Anda mengisi kalimat pada kolom sebelumnya, secara otomatis hasil akan tampil pada sisi sebelah kanan bawah (4) lalu klik save (5) jika sudah selesai.
Mengatur Pembulatan (Rounding)
Pengaturan pembulatan (rounding) berfungsi untuk membulatkan tiga digit nilai di belakang angka pada total pembayaran yang bisa Anda akses pada BonApp Merchant Web.
Pada halaman utama ketika Anda baru melakukan login, Anda akan berada pada halaman Dashboard. Untuk ke halaman Detailed Info, klik Tanda Panah ke Kanan Pada Logo Detailed Info (1).
Kemudian akan muncul side bar menu, Anda dapat menekan “Edit” (2) pada General Info.
Pada tampilan Update General Info, Anda dapat lakukan scroll ke bawah hingga menemukan bagian Rounding. Setelah itu Anda dapat menekan tombol “Enable Rounding (3)”.
Mengatur Pembulatan Ke Atas (Rounding Up)
Pembulatan ke atas dapat Anda lakukan dengan memilih “Up (4)” pada Rounding Method.
Setelah itu Anda dapat memilih nilai pembulatan (rounding) yang sudah disediakan “100, 500, atau 1000 (5)”.
Anda dapat melakukan simulasi dengan memasukkan angka yang diinginkan (6) dan secara otomatis akan menampilkan hasil pembulatannya di Rounding Result (7).
Contohnya Jika Total amount Rp. 26.650 dengan pembulatan ke atas (Up) dan rounding digits (pembulatan) 500, maka Total Amount-nya menjadi Rp. 27.000 karena Rp.26.650 dibulatkan ke atas (rounding up) dengan nominal pembulatan Rp. 350.
Mengatur Pembulatan Ke Bawah (Rounding Down)
Pembulatan ke bawah dapat Anda lakukan dengan memilih “Down (8)” pada Rounding Method.
Setelah itu Anda dapat memilih nilai pembulatan (rounding) yang sudah disediakan “100, 500, atau 1000 (9)”.
Anda dapat melakukan simulasi dengan memasukkan angka yang diinginkan (10) dan secara otomatis akan menampilkan hasil pembulatannya di Rounding Result (11).
Contohnya Jika Total amount Rp. 26.650 dengan pembulatan ke bawah (Down) dan rounding digits (pembulatan) 1000, maka Total Amount-nya menjadi Rp. 26.000 karena Rp.26.650 dibulatkan ke bawah (rounding down) dengan nominal pembulatan – Rp. 650.
Mengatur Pembulatan Custom (Rounding Custom)
Rounding Custom digunakan untuk membulatkan ke bawah atau keatas tiga digit angka di belakang total amount sesuai dengan ketentuan pembulantan (rounding) digitnya (100, 500, 1000) dan ketentuan Round Down Below nya.
Pembulatan custom dapat Anda lakukan dengan memilih “Custom (12)” pada Rounding Method.
Setelah itu Anda dapat memilih nilai pembulatan (rounding) yang sudah disediakan “100, 500, atau 1000 (13)”.
Setelah itu Anda dapat memasukkan angka pembulatan ke bawah (Round Down Below) yang diinginkan (14).
Anda dapat melakukan simulasi dengan memasukkan angka yang diinginkan (15) dan secara otomatis akan menampilkan hasil pembulatannya di Rounding Result (16).
Contohnya Jika Total amount Rp. 26.650 dengan pembulatan custom dan rounding digits (pembulatan) 500 dan pembulatan ke bawah (round down below) 600, maka Total Amount-nya menjadi Rp. 27.000 karena Rp.26.650 tiga digit angka di belakangnya (650) lebih besar dari 600, maka total amount dibulatkan ke atas (Up) dengan nominal pembulatan (rounding) Rp 350.