Membuat Item Menu Pre Order
Anda dapat menambahkan item menu melalui BonApp Merchant – Web. Untuk membuat item menu pre – order, Anda dapat menambahkan tanda “[PO]” di awal nama item untuk menandakan bahwa item tersebut adalah item yang tersedia untuk pemesanan pre order. Berikut adalah langkah – langkahnya: Untuk menambahkan item, Anda dapat menekan “Food Menu (1)” > “Item (2)” > “Add New Item (3)”. Selanjutnya Anda dapat “Mengunggah Gambar Item (4)” > “Pilih Category (5)” > “Isi Nama Item dengan menambahkan tanda “[PO]” di awal nama item (6)”. Contoh yang BENAR:
- [PO] Ayam Goreng
- [PO]Ayam Goreng
- [Po] Ayam Goreng
- [pO] Ayam Goreng
- [po] Ayam Goreng
Contoh yang SALAH:
- {PO} Ayam Goreng
- (PO) Ayam Goreng
- [PO Ayam Goreng]
- (PO Ayam Goreng)
- [PO 7 hari] Ayam Goreng
- PO – 7 hari Ayam Goreng
“Isi Deskripsi Item (7)” > “Isi Harga Item (8)” > “Atur Ketersediaan (9)”. Apabila item tersebut ingin diadakan promo pilih “Yes/No (10)” pada bagian Set Promo for This Item. Apabila item tersebut ingin disembunyikan (tidak ditampilkan untuk pelanggan) dapat menekan “Hidden/Visible (11)” pada bagian Visibility.
Untuk mengatur harga berdasarkan channel, Anda dapat mengisi harga pada (11a)
Apabila item ingin dimasukkan ke tipe New / Favorite / Recommended Anda dapat melakukan centang pada kolom “Item Type (12)”. Apabila item terdapat varian, Anda dapat menekan “Yes/No” pada bagian “Variant (13)”. Apabila item terdapat extra, Anda dapat menekan “Yes/No” pada bagian “Extra (14)”. Jika sudah selesai, Anda dapat menekan tombol “Create Menu Item (15)”.
Pelanggan Melakukan Pemesanan Pre Order melalui Customer Ordering System (COS)
Pelanggan dapat melakukan pesanan Pre Order dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: Pilih “Add (1)” untuk menambahkan Item yang ingin dibeli, kemudian pilih “Keranjang (2)” jika sudah selesai memilih atau berbelanja. Pilih layanan “Pre Order (3)”. Perhatian: Pastikan layanan yang Anda pilih adalah Pre Order. Jika Anda memilih selain layanan Pre Order, pesanan yang ada di dalam keranjang tidak akan bisa dilanjutkan. Jika ingin mengubah alamat tujuan, pilih “Change (4)” pada Delivery Details. Pilih layanan pesan antar yang ingin Anda gunakan dengan menekan “Change (5)” pada Pick Delivery Service. Jika ingin menambahkan item lainnya, Anda dapat menekan “Add Another + (6)”. Jika sudah selesai dan ingin menyelesaikan pemesanan, tekan “Order (7)” > “Yep, Process my Order (8)”. Setelah itu Anda diminta untuk melakukan pembayaran pesanan Anda menggunakan metode pembayaran yang tersedia. Pembayaran berhasil
Pedagang Memproses Pesanan Melalui BonApp Merchant App Menggunakan Delivery In House
Anda dapat memproses pesanan Pre Order yang masuk melalui BonApp Merchant App di Tablet maupun di Mobile Phone dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: Pilih “Order Tracking (1)” > Pilih “Closed Bill(2)” > Pilih “New Request (3)” > Pilih “Pesanan (4)”. Untuk menolak pesanan yang masuk, Pilih “Decline All (5)”. Untuk menerima pesanan yang masuk, Pilih “Accept All (6)”. Selanjutnya status pesanan akan menjadi “Waiting for Payment (7)”. Pada status ini pembeli akan diminta untuk membayar pesanannya dan Anda dapat menunggu hingga pembeli membayar pesanannya. Jika Anda ingin membatalkan pesanan, Anda dapat memilih “Cancel (8)”. Setelah pembeli membayar pesanannya, status pesanan akan lanjut ke status “In Progress (9”. Jika beberapa pesanan Anda sudah siap, Pilih “Ready (10)”. Namun, jika semua pesanan Anda sudah siap, Pilih “Ready All (11)”. Anda dapat mencetak pesanan dengan memilih “Print Order (12)”. Jika semua pesanan yang sudah siap dan Anda ingin mengantarkan pesanan kepada pembeli, Pilih “Deliver All (13)”. Selanjutnya tampilan halaman Anda akan seperti gambar di bawah ini. Untuk mencetak kwitansi, Pilih “Print Receipt (14)”. Untuk mengunduh kwitansi, Pilih “Download Receipt (15)”.
Pre Order FAQ
Q: | Bagaimana jika saya ingin melakukan pengiriman luar kota menggunakan layanan Pre Order? |
A: | Untuk saat ini, BonApp hanya bisa melakukan pengiriman melalui In House Delivery. Di luar pengiriman In House Delivery bisa dilakukan melalui chat WhatsApp antara penjual dan pembeli yang nomornya bisa dilihat di Profil Toko. |
Q: | Apakah saya bisa menggunakan ekspedisi atau jasa pengiriman lain? |
A: | Untuk saat ini layanan yang tersedia untuk pesanan Pre Order hanya In House Delivery. |
Q: | Kalau konsumen saya mau mengambil pesanan di tanggal tertentu apakah bisa? Mengingat di produk hanya ada jam pengambilan, bukan tanggal pengambilan |
A: | Untuk saat ini, pengambilan di hari tertentu hanya bisa dilakukan via chat WhatsApp antara penjual dan pembeli diluar aplikasi BonApp. Untuk itu, perlu diingat bahwa kesalahan tanggal pengambilan di luar tanggung jawab BonApp. |