Troubleshooting (pemecahan masalah) adalah proses untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah pada suatu sistem atau perangkat. Tujuan dari troubleshooting adalah untuk mengembalikan sistem atau perangkat ke kondisi normal setelah mengalami masalah atau gangguan.
a) Bagaimana jika terdapat double order dengan Order ID yang sama namun pesanan yang pertama dibatalkan tetapi pesanan yang kedua langsung menampilkan nominal payment nya?
- Laporkan Order ID yang double kepada Team Product BonApp atau melalui channel Slack untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.
- [Long term solve] Team Development akan melakukan peninjauan dan peningkatan terkait issue ini agar tidak terjadi lagi.
b) Bagaimana jika sudah melakukan pembayaran dan sudah accepted namun status order tidak berubah? (Common Case: Shopee Pay)
- Laporkan Order ID yang bermasalah kepada Team Product BonApp atau menghubungi melalui channel Slack untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.
- Team Development akan merubah status payment dari order tersebut.
- [Long term solve] Team Development akan melakukan peninjauan dan peningkatan terkait issue ini agar tidak terjadi lagi.
c) Bagaimana cara input menu?
- Pilih menu “Food Menu” > “Category” > “Add New Category”. Untuk melihat lebih jelas Anda dapat melihat di User Guides.
d) Bagaimana jika kesulitan dalam menentukan titik pin alamat yang sesuai?
- Pastikan permission location pada browser yang digunakan oleh User BonApp Merchant sudah aktif.
e) Bagaimana jika tidak bisa upload gambar?
- Pastikan ukuran gambar kurang dari 1.5 MB
- Sesuaikan ukuran gambar
- Best quality 1:1 (1080×1080)
- Pastikan format Image (disarankan menggunakan PNG).
f) Bagaimana jika OTP tidak muncul pada opsi OTP melalui SMS? Kendala ini juga terjadi ketika sinyal pada customer tidak bagus atau koneksi buruk.
- Infokan ke Client untuk prioritaskan penggunakaan OTP via WhatsApp.
- Feature: One time login untuk satu store branch.
g) Bagaimana jika uang tunai (cash) tidak balance dengan report pada BonApp?
- Hitung secara manual uang cash dan uang yang ada di rekening masuk pada hari itu sehingga dapat diketahui selisihnya berapa dan uang selisihnya yang ada diberbagai payment method.
h) Bagaimana jika saldo sudah terpotong tetapi status masih waiting for payment? (Common Case: Shopee Pay ketika melakukan transaksi closed bil)
- Laporkan segera Order ID yang bermasalah kepada Team Product atau menghubungi melalui channel Slack untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.
- Untuk issue ini Team Development sudah melakukan peningkatan, jika di lain waktu masih terjadi lagi solusinya adalah masih menggunakan point pertama.
- [Long term solve] Team Development akan melakukan peninjauan dan peningkatan terkait issue ini agar tidak terjadi lagi.
i) Bagaimana jika Report Manual dan Report pada BonApp Merchant tidak balance atau terjadi kesalahan pada perhitungan sistem sehingga merchant harus menghitung kembali untuk diperiksa kembali dan memeriksa pada transaksi yang tidak balance?
- Laporkan segera jumlah selisihnya atau informasi detail seperti tanggal atau jam ketika terjadi selisih agar mempermudah dalam proses pengecekan.
- Untuk issue ini Team Development sudah melakukan peningkatan, jika di lain waktu terjadi lagi solusinya adalah masih menggunakan point pertama.
- [Long term solve] Team Development akan melakukan peninjauan dan peningkatan terkait issue ini agar tidak terjadi lagi.
j) Bagaimana jika server down ketika banyak yang mengakses disaat waktu yang bersamaan?
- Laporkan segera jika server down kepada Team Development BonApp melalui channel Slack.
k) Bagaimana jika pesanan yang sudah dipesan oleh customer sudah sampai pada tahapan proses ‘waiting for payment’ kemudian customer memesan lagi karena customer menutup halaman secara tidak sengaja dan customer tidak mengetahui adanya pesanan yang sudah tersimpan di menu list order sehingga terjadi double order pada BonApp Merchant Web – Order Tracking Merchant?
- Infokan kepada Client ketika ada double order untuk bisa diberi tahu kepada customer tersebut bahwa sudah ada pesanan dan pembayaran sebelumnya sehingga salah satu order bisa di-cancel.
l) Bagaimana jika WhatsApp terjadi server down sehingga Whatsapp tidak bisa dibuka dan berdampak kepada customer sehingga customer tidak mendapatkan OTP by WhatsApp?
- Feature: One time login untuk satu store branch.
- Feature: Using PIN untuk user lama yang masalah terkait OTP.