Loyalty Management
Adalah fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan reward atau insentif berdasarkan akumulasi transaksi mereka. Fitur ini akan diterapkan untuk mempermudah merchant dalam memberikan poin dan reward kepada pelanggan, serta meningkatkan retensi pelanggan melalui program loyalitas yang lebih efektif dan mudah dikelola.
Cara Membuat Loyalty Program
Buka halaman BonApp Merchant Web, lalu pilih menu “Customers > Loyalty Program (1)” dan pilih “Create Loyalty Program (2)”
Setelah itu akan muncul Loyalty Program Details yang berisi:
“Status (3.0)”: Status loyalty program aktif atau tidak, “Spend (3.1)”: Nominal spending untuk mendapat poin, “To Get (3.2)”: Jumlah poin didapatkan per (Spend), “Minimum Transaction to Earn Points (3.3)”: Jumlah spending minimum untuk mendapatkan poin, “Points Reward for New Members (3.4)”: Poin untuk member baru. Pilih “Add Reward (4)” untuk menambahkan Reward yang bisa ditukar dengan poin oleh memberloyalty.
Pada halaman Add Reward akan muncul pilihan “Reward Type (4.1)”: Tipe reward (hanya satu untuk sekarang), “Upload Image (4.2)”: Gambar yang ingin digunakan untuk reward di COS (opsional), “Reward Cost (4.3)”: Harga redeem reward (dalam poin), “Reward (4.4)”: Nama reward, “Description (4.5)”: Deskripsi reward. Setelah semua selesai terisi pilih “Add Reward (5)”.
Setelah semua terisi, pilih “Create Loyalty Program (6)” untuk membuat loyalty program.
Loyalty Program berhasil dibuat. Merchant juga bisa mengedit program yang telah dibuat dengan memilih “Edit Loyalty Program (7)”.
Cara Mengatur Point
Merchant dapat mengedit atau menyesuaikan poin pelanggan secara manual melalui sistem. Fitur ini berguna jika terjadi kesalahan dalam pemberian poin atau jika merchant ingin memberikan penyesuaian khusus kepada pelanggan. Dengan fitur ini, merchant memiliki fleksibilitas dalam mengelola loyalty program secara lebih akurat dan efisien.
Pilih menu “Customers > Customers (1)”, kemudian pilih nama customer yang poinnya ingin di-adjust (2).
Pada halaman Customer Details pilih “Adjust Points (3)”
Kemudian akan muncul pop up yang berisi “Current Balance (4.0)”: Saldo poin sekarang, “New Balance (4.1)”: Saldo poin baru, “Description (4.2)”: Deskripsi pengaturan poin. Kemudian pilih “Adjust Points (5)”
Cara Melihat Points History
Memungkinkan merchant untuk melihat riwayat poin pelanggan secara detail. Dengan fitur ini, merchant dapat memantau setiap transaksi yang menghasilkan atau menggunakan poin, termasuk tanggal, jumlah poin yang diberikan atau dikurangi, serta alasan penyesuaian.
Pilih menu “Customers > Customers (1)”, kemudian pilih detail nama customer (2).
Setelah masuk ke halaman customer details pilih “View Full History (3)”.
Dan akan muncul Points History.
Cara Membuat Pesanan Menggunakan Loyalty Program di MOS
Padaha halaman MOS click pada “Customer (1)” untuk menambahkan customer yang sudah terdaftar atau yang belum terdaftar dengan meng-input manual.
Masukkan No.Handphone (2) customer yang sudah terdaftar pada Loyalty Program. Lalu klik pada nama customer yang tertampil (3).
Nama customer (4) akan otomatis terisi jika sudah terdaftar dalam Loyalty Program.
Cara Menukarkan Points
Pada halaman make payment, akan muncul nama customer yang sudah terdaftar pada Loyalty Program (1). Lalu, klik “Select (2)“ pada section Redeem Reward untuk melihat Rewards yang ingin di tukarkan ke customer.
Kemudian akan muncul pop up, dan pilih Rewards yang ingin ditukarkan. Setelah dipilih klik “Apply (3)” dan points berhasil di-reedem.
Cara Mendaftar Loyalty Program pada COS
Klik Banner Loyalty (1) untuk mendaftar. Lalu, masukan No.Handphone (2) yang ingin didaftarkan, masukan kode OTP dan pilih “Verify (3)”.
Kemudian klik Join Program Loyalty (4), kemudian customer yang sudah terdaftar dan dapat melihat Point Loyalty (5).
Cara Menukarkan Points pada COS
Klik Banner Loyalty (1) untuk melihat rewards. Lalu, pilih Rewards (2) yang bisa di reedem. Klik “Reedem Rewards (3)” untuk mengambil rewards.
Akan muncul konfirmasi lalu klik “Yes Reedem (4)“ jika sudah yakin untuk mengambil rewards nya. Customer sukses menukarkan reward-nya, dan pilih “Ok (5)”.
Cara Melihat Points History / Reedem History
Klik Banner Loyalty (1) untuk melihat rewards. Lalu, pilih History (2) button untuk melihat history dari point. User dapat melihat history berdasarkan jenis History point nya (Reedem, Transaction, New Member).